Rabu, 23 Maret 2016

Cara Gila Jadi Pengusaha 1

Usaha Foto Copy

Dadang menemui temannya si Ujang untuk dimintai pendapat. Dadang mempunyai sedikit modal usaha sebesar 20 juta.  Kepada temannya dia bilang mau usaha foto copy.

"Jang gimana kalo aku mau usaha foto copy kira-kira menguntungkan tidak di daerah sini? Jalan sini kan cukup ramai dan belum banyak yang punya usaha foto copy".

"Kalo lihat sekarang sih kayaknya kurang menguntungkan, orang sekarang sudah banyak yang punya printer dan ada mesin foto copynya, lebih baik usaha yang lain aja deh", kata si Ujang.

Dasar di Dadang tekadnya sudah bulat akhirnya dia tetap buka usaha foto copy, modalnya dia pakai sewa kecil di tepi jalan,  untuk DP beli mesin foto copy dicicil, beli etalase, bayar listrik, banner dan beberapa alat tulis.

Setahun kemudian usaha si Dadang membuahkan hasil, dia berhasil menambah mesin foto copynya.  Setelah menjalankan usaha dia berpikir sepertinya tidak mungkin modalnya kembali begitu cepat meskipun belum seluruhnya.  Ternyata yang sebelumnya tidak ia pikirkan dalam analisa usahanya adalah pendapatan dari penjualan alat tulis, usaha penjilidan, menjual minuman dingin, pulsa hp dan menjualkan dagangan orang yang titip disitu.  Satu hal lagi karena usahanya sudah ramai dia juga menjadi marketing untuk menjual tanah kavling dan perumahan KPR yang tentu saja dapat komisi setiap ada pembeli.

Semoga tulisan ini menambah wawasan anda. d(*_*)b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar