Minggu, 20 Maret 2016

Pak Modin

Mbah Jo dirawat di rumah sakit.  Kata dokter penyakit asmanya sudah kronis sehingga hidungnya harus dipasangi selang.  Sudah beberapa hari ini mbah Jo diam saja hanya matanya yang kedap-kedip.  Dikira sudah mendekati ajal, anaknya memanggil pak modin (pemuka agama) untuk mendoakan.

Saat pak modin enak-enak berdoa, tiba-tiba nafas Mbah Jo tersengal-sengal, wajahnya pucat, tangannya gemetar.  Dengan bahasa isyarat Mbah Jo menirukan orang menulis.  Mengerti apa yang dimau, anaknya langsung mengambil kertas dan balpoin.

Dengan nafas tersengal-sengal Mbah Jo menulis surat.  Dengan sisa-sisa tenaga Mbah Jo mengulurkan suratnya ke pak modin. Oleh pak modin suratnya langsung disimpan dalam saku, pikirnya ini bukan saat yang tepat untuk membaca surat wasiat.

Setelah itu pak modin meneruskan membaca doa.  Tidak berapa lama Mbah Jo meninggal.  Banyak orang yang merasa kehilangan karena meskipun wajahnya menakutkan tapi Mbah Jo orangnya baik.

Saat selamatan 7 harinya Mbah Jo, pak modin diundang lagi. Setelah memimpin doa, pak modin baru ingat baju yang dia pakai ada surat titipan dari Mbah Jo, untung ingat pikir pak modin.

"Saudara-saudara sekalian, ada surat dari almarhum Mbah Jo yang belum saya sampaikan kepada anda sekalian.  Kalo lihat Mbah Jo semasa hidup, isinya pasti nasehat untuk anak cucunya semua.  Mari kita baca bersama-sama isi suratnya".
Setelah itu pak modin merogoh surat dalam sakunya, setelah dibaca isinya begini...
HAI...PERGI DARI SITU DIN !!!, JANGAN INJAK SELANG OXYGENKU !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar